Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem
komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware (
Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software (
Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application Program
• Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
1. Hardware (
Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat
kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat
masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya
cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang
disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang
dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai
aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa
bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
• Processing Device (CPU)
CPU ( Central
Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan
juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi
melaksanakan arahan-arahan berkaitan. Dalam komputer-komputer modern, kedua
unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang
biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU memiliki fungsi
adalah program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil
instruksiinstruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu
sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan instruksi
(fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian
utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan
Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan
semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik
yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan dari suatu operasi
logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi
perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu,
yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (_), kurang dari (<), kurang
atau sama dengan (_), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama
dengan (_) ALU juga
dapat melakukan pelaksanaan arimatika
(pengurangan, penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR, NOT ),
dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur
dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input
menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.
Mengartikan instruksiinstruksi dari program komputer. Membawa data dari alat input
ke memori utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah. Mengirim
instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau
perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi
untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Selain itu CPU
juga memiliki beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut
dengan Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil dengan
kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi
yang sedang diproses,
sementara data dan instruksi lainnya
yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama. Banyak
register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
1. Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk
menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2. Program Counter ( PC )
Digunakan untuk
menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses.
Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori utama
yang berisi instruksi berikutnya.
3. General Purpose Register
Punya kegunaan umum
yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg
digunakan untuk menampung data disebut
operand register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
4. Memory Data Register ( MDR )
Digunakan untuk
menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung
data yg akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory Address Register
Digunakan untuk
menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yang
akan diletakkan. Selain register, beberapa CPU menggunakan
suatu cache memory yang mempunyai
kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa cache memory, CPU
akan menunggu sampai data/ instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil
pengolahan selesai dikirim ke memori utama, baru proses selanjutnya bisa
dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat disbanding kecepatan
register sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory,
sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya
CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory.
• Input and Output Device
I/O membolehkan
komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai
macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih
tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya. Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode
(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih
lanjut oleh sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
1. Input Device
Input Device adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah
ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
·
Keyboard
·
Pointing Devic
·
Mouse
·
Touch screen
·
Digitizer
Grapich Tablet
·
Scanner
·
Microphone
2. Output Device
Output Device
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah :
·
Monitor
·
Printer
·
Speaker
·
Storage
Device
Register CPU
berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus
dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.
Terbagi menjadi dua yaitu :
1. Internal Storage
Adalah media
penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :
• RAM ( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program
yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis,
diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian
utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan
melalui alat input.
2. Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi
program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan untuk menyimpan data yangakan
diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil akhir dari
pengolahan data yang akan ditampilkan ke
alat output.
• ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa
dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali
dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah
diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program
pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian
tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap
program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer
diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm
booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara
memprogram kembali, yaitu :
1. PROM (Programmable Read Only
Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.
2. EPROM (Erasable Programmable Read
Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram
kembali berulang-ulang.
3. EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan
dapat diprogram kembali.
2. External Storage Perangkat
keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan
data, di luar komponen utama, yaitu :
• Floppy Disk
• Hard Disk
• CD Room
• DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan
dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri,
data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan
oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk
menjalankan perintah yang dijalankannya.
• Operating System
Sistem operasi atau operating
system ialah Programdasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware
komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan
koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya
adalah :
_ Linux
_ Windows
_ Mac OS
Tugas sistem operasi
termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya,
koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan
software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan
alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi
juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail
dari semua alat elektronik yang terhubung.
• Application Program
Yaitu program komputer
yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket
digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang industri,
aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi ayau perusahaan dan
aplikasi untuk produktifitas perorangan. Contoh :
·
Microsoft Word
·
Microsoft
Excel
·
CorelDraw X4
Dll
• Language Program
Language Program atau
bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk
berkomunikasindengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka
komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa Pemrograman, seperti
:Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
_ Visual basic
_ Turbo pascal
_ Delphi
3. Brainware
Brainware adalah orang
yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang
mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2. Operasi Sistem Komputer
Secara umum, sistem komputer
terdiri atas CPU dan sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah
bus yang menyediakan akses ke memori. Umumnya, setiap device controller
bertanggung jawab atas sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat
beroperasi secara konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa
hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk
mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses
memori. Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih
kompleks.Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap
busmerupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini
RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang
lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang
lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung
dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar
bus ini digunakan sebuah bridge . Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara
tak langsung juga mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus
controller atau dikenal sebagai bus master . Bus master akan mengendalikan
aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device
.
Pada prakteknya bridge dan bus master
ini disatukan dalam sebuah chipset .Jika komputer dinyalakan, yang dikenal
dengan nama booting, komputer akan menjalankan bootstrap program yaitu sebuah
program sederhana yang disimpan dalam ROM yang berbentuk chip CMOS
(Complementary Metal Oxide Semiconductor) . Chip CMOS modern biasanya bertipe
EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori
non-volatile (takterhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus
dengan pulsa elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS
(Basic Input Output System) . Bootstrap program utama, yang biasanya terletak
di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan
inisialisasi terhadap program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware
. Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload kernel sistem
operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi.Dari sini
program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan menentukan
apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada
komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau
hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven. Interrupt dari
hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal tertentu, sedangkan software
mengirim interrupt dengan cara menjalankan system call atau juga dikenal dengan
istilah monitor call . System/Monitor call ini akan menyebabkan trap yaitu
interrupt khusus yang dihasilkan oleh software karena adanya masalah atau
permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini juga sering disebut
sebagai exception . Setiap interrupt terjadi, sekumpulan kode yang dikenal
sebagai ISR (Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang akan
diambil. Untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan
dua cara yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat
yang ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara menggunakan
alamatalamat ISR yang disimpan dalam array yang dikenal sebagai interrupt
vector di mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt
terjadi. Arsitektur interrupt harus mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang
di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini disimpan di tempat tertentu yang
tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama dengan
informasi state saat itu.
No comments:
Post a Comment