Manajemen berasal dari kata to manage : mengatur. Jadi manajemen itu
merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diingini.
·
Apa
yang diatur?
Semua unsur-unsur manajemen yang terdiri
dari ( 6M : money, methods, materials, mechies,
men, and market)
·
Kenapa
harus di atur?
Agar 6M tersebut lebih berdaya guna,
terintegrasi, dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal.
Siapa yang mengatur?
Adalah pemimpin dengan wewenang
kepemimpinannya melalui instruktur, sehingga 6M dan semua proses manajemen
tertuju dan terarah kepada tujuan yang diinginkan.
·
Bagaimana
mengaturnya?
Melaui proses dari urutan fungsi-fungsi
manajemen. (Planning, organizing, directing, and controlling).
·
Dimana
harus diatur?
Peraturannya dapat dilakukan di dalam
suatu organisasi, sebab dalam organisasi inilah tempat kerja sama, proses
manajemen, pembagian kerja, koordinasi, integrasi dilakukan untuk mencapai
tujuan yang diinginkan tercapai.
Menurut beberapa pakar defini manajemen:
·
Drs.
Malayu S.P Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses
pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) dan sumber lainnya secara efektif dan
efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
·
Andrew
F. Sikula
Manajemen adalah Manajemen pada umumnya dikaitkan
dengan aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian,
penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi dan pengambilan keputusan yang
dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai
sumber daya yang dimiliki oleh perusahan sehingga akan dihasilkan suatu produk /
jasa secara efisien.
·
G.R
Terry
Manajemen adalah Suatu proses yang khas yang
terdiri dari tindakan-tindakan perencanan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran
yang telah ditentukan melalui pemanfaatan SDM dan sumber-sumber lainnya.
·
Harold
Koontz and Cyril O’Donnel
Manajemen adalah Usaha mencapai tujuan tertentu
melalui kegiatan orang lain. (Manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah
aktivitas orang lain yang meliputi perencanan, pengorganisasian, penempatan,
pengarahan, dan pengendalian).
2.
Pentingnya
Manajemen
Pada dasarnya manajemen itu penting sebab:
·
Pekerjaan
itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri. Sehingga diperlukan pembagian
kerja, tugas, dan tanggung jawab dalam menyelesaikannya.
·
Perusahan
akan dapat berhasil, jika manajemennya yang diterapkan dengan baik.
·
Manajemen
yang baik akan meningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang
dimiliki.
·
Manajemen
yang baik akan mengurangi pemborosan-pemborosan.
·
Manajemen
menetapkan tujuan dan usaha untuk mewujudkan dengan memanfaatkan 6M dalam
proses manajemen tersebut.
·
Manajemen
perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan.
·
Manajemen
mengakibatkan pencapaian tujuan secara teratur.
·
Manajemen
merupakan suatu pedoman pikiran atau tindakan.
·
Manajemen
selalu dibutuhkan dalam setiap kerja sama sekelompok orang.
No comments:
Post a Comment