Monday, 30 March 2015

Azas-azas manajemen



Hasil gambar untuk management
Azas (prinsip) adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran yang dapat dijadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Azas-azas umum manajemen menurut:
1.      Henry Fayol
·         Division of work (azas pembagian kerja)
Adanya keterbatasan-keterbatasan manusia dalam mengerjakan semua pekerjan yaitu: keterbatasan waktu, keterbatasan dalam pengetahuan, kemampuan, dan keterbatasan perhatian.
·         Authority and Responsibility (azas wewenang dan tanggung jawab)
Wewenang dan tanggung jawab harus seimbang, wewenang menimbulkan hak dan tanggung jawab menimbulkan kewajiban. Hak dan kewajiban menyebabkan interaksi / komunikasi antara atasan dan bawahan.


·         Discipline (azas disiplin)
Adanya perjanjian, peraturan yang telah ditetapkan.
·         Unity of Command (azas kesatuan pemerintah)
Setiap bawahan hanya menerima perintah dari atasan dan bertanggung jawab hanya kepada seorang atasan pula.
·         Unity of Direction (azas kesatuan jurusan / arah)
·         Subordination of individual interest into general interest (azas kepentingan umum di atas kepentingan pribadi)
·         Renumeration of Personnel (azas pembagian gaji yang wajar)
·         Centralization (azas pemusatan wewenang)
·         Scalar of Chain(azas hierarki atau azas rantai berkala)
·         Order (azas keteraturan)
·         Equity (azas keadilan)
·         Iniatif (azas inisiatif)
·         Esprit de Corps (azas kesatuan)
·         Stability of Turn-over personnel (azas kestabilan masa jabatan)
2.      F.W Taylor
·         Pengembangan metode-metode kerja yang terbaik.
·         Pemilihan serta pengembangan para pekerja.
·         Usaha untuk menghubungkan dan mempersatukan metode kerja yang terbaik dengan para pekerja yang terpilih dan terlatih.
·         Kerja sama yang harmonis antara manajer dan non manajer.
3.      Harrington Emerson
·         Memberikan batasan tujuan dengan tegas.
·         Pikiran yang sehat.
·         Nasihat (konsultasi) yang konsekuen.
·         Tata tertib.
·         Penjelasan yang jujur.
·         Laporan yang dapat dipercaya, segera dan memadai.
·         Pengiriman (Penyaluran).
·         Standarisasi dan penjadwalan.
·         Keadaan yang distandarkan.
·         Standar operasi.
·         Pengubahan instruksi praktis yang standar.
·         Penghargaan keefektifan.

No comments:

Post a Comment